Sunday, June 16, 2024
HomeBatamRoadshow Kewirausahaan, Jefridin: Mendorong UMKM Naik Kelas di Kota Batam

Roadshow Kewirausahaan, Jefridin: Mendorong UMKM Naik Kelas di Kota Batam

BATAM, BATAMOKE.COM –  Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam menggelar Roadshow Kewirausahaan Menuju UMKM Naik Kelas yang berlangsung di Fasum RW.20 Perumahan Cipta Permata, Bengkong, Kamis (6/6/2024). Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk mendorong dan memajukan Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) di Kota Batam.

Acara ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd. yang mewakili Wali Kota Batam, Muhammad Rudi. Dalam sambutannya, Jefridin menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam atas penyelenggaraan kegiatan ini.

“Kegiatan ini merupakan usulan dari para pelaku UMKM dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) kepada Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina, dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro sebagai leading sector,” ujar Jefridin.

Jefridin juga menekankan pentingnya memanfaatkan pembangunan infrastruktur yang sedang gencar dilakukan di Batam.

“Batam sedang membangun infrastruktur dari tingkat kota hingga Pembangunan Sarana dan Prasarana Kelurahan (PSPK). Tujuannya adalah untuk membuka akses bagi siapa pun yang datang ke Batam, terutama wisatawan mancanegara dan investor. Manfaatkanlah infrastruktur ini untuk membuka usaha di berbagai bidang,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan berdasarkan data pada 31 Desember 2023, bahwa kunjungan wisatawan mancanegara ke Batam mencapai 1,2 juta hingga, dengan tambahan belasan ribu dari wisatawan domestik.

“Ayo kita kembangkan Batam menjadi daerah yang kita cita-citakan dan tingkatkan ekonomi keluarga masing-masing,” ajaknya.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam, Hendri Arulan, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari roadshow yang telah dirancang di 12 kecamatan se-Kota Batam.

“Ini merupakan arahan dari Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina, untuk turun ke kecamatan menjumpai pelaku UMKM terkait informasi legalitas dan sebagainya. Bengkong merupakan kecamatan ke-7 yang kami laksanakan, menghadirkan ibu-ibu pelaku usaha yang sudah eksis maupun yang baru memulai,” jelas Hendri.

BACA JUGA:   Realisasi Triwulan I 2024, Investasi di Batam Tumbuh Signifikan

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan semangat dan informasi yang berguna bagi para pelaku usaha. Narasumber dari Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) turut hadir untuk memberikan berbagai informasi penting terkait kewirausahaan.

Dengan adanya kegiatan ini, Pemerintah Kota Batam berharap dapat semakin meningkatkan peran UMKM dalam perekonomian daerah serta memberikan kontribusi signifikan terhadap kesejahteraan masyarakat.(*)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER