Sunday, June 16, 2024
HomeNasionalPilih Kabur ke Aceh, Chaowalit Buron Nomor 1 Thailand Merasa Mirip Orang...

Pilih Kabur ke Aceh, Chaowalit Buron Nomor 1 Thailand Merasa Mirip Orang Indonesia

Batamoke.Com- Direktur Tindak Pidana Narkoba (Dirtipidnarkoba) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri Brigjen Mukti Juharsa mengungkapkan, buron nomor 1 Thailand Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node alias Sulaiman kabur ke Indonesia karena merasa wajahnya mirip dengan orang Indonesia.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Chaowalit Thongduang membandingkan wajahnya dengan orang India dan Indonesia, namun ternyata lebih identik dengan orang Indonesia.

Adapun Chaowalit Thongduang sudah berada di Indonesia selama tujuh bulan usai kabur dari penjara di Thailand. Chaowalit Thongduang ditangkap polisi di Bali pada 30 Mei 2024.

Sebelum kabur ke Indonesia melalui Aceh, Chaowalit Thongduang memang pergi ke India.

“Karena mukanya di India hasil keterangan kemarin tidak sama dengan muka dia. Dia lebih identik dengan muka Indonesia. Makanya dia kembali ke Indonesia dengan nama Sulaiman,” ujar Mukti saat ditemui di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2024).

Menurut Mukti, setibanya di Indonesia, Chaowalit Thongduang tidak berpikir untuk kabur ke negara lain.

Chaowalit Thongduang disebut memiliki tabungan Rp 30 juta untuk bersembunyi di Indonesia.

“Cuma tabungan dia juga hanya Rp 30 juta saja,” ucapnya.

Sebelumnya, Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node membuat identitas palsu, mulai dari akte kelahiran, KTP, hingga kartu keluarga selama tujuh bulan kabur ke Indonesia.

Chaowalit Thongduang pun menyamar dengan berganti nama menjadi ‘Sulaiman’. Chaowalit berpura-pura menjadi warga Aceh.

Saat polisi menangkap Chaowalit Thongduang di Bali pada 30 Mei 2024, mereka turut mengamankan barang bukti berupa identitas palsu ‘Sulaiman’ itu.

“Tim gabungan mengamankan beberapa barang bukti, berupa 4 buah handphone, identitas palsu berupa KTP, KK, dan akta kelahiran atas nama Sulaiman, sebagai penduduk dari Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Kemudian rekening BCA atas nama Sulaiman. Dan 1 buah kartu debit BCA, 2 buah kartu debit Thai Bank,” ujar Kabareskrim Polri Komjen Wahyu Widada dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Minggu (2/6/2024).

BACA JUGA:   Tanggal Pengumuman Hasil UTBK SNBT 2024, Cek di Sini Jadwalnya

Wahyu menjelaskan, Chaowalit Thongduang merupakan salah satu pelaku kriminal yang paling dicari di Thailand.

Sebab, Chaowalit Thongduang telah melakukan sejumlah kejahatan sebelum kabur ke Indonesia, seperti membunuh polisi dan menembak anggota kehakiman.

“Dasar dari penangkapan yang dilakukan terhadap buronan ini adalah adanya red notice control dari Royal Thai Police yang dikeluarkan pada tanggal 16 Februari 2024 atas nama Chaowalit Thongduang alias Pang Na-Node,” jelasnya.

Sumber: kompascom

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER