Tuesday, July 16, 2024
HomeBatamSDM PKH se-Kota Batam Ikuti Bimtek Peningkatan Rataf Hidup KPM PKH di...

SDM PKH se-Kota Batam Ikuti Bimtek Peningkatan Rataf Hidup KPM PKH di Kota Batam

BATAM, BATAMOKE.COM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam melalui Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Batam menyelenggarakan Bimtek Peningkatan dan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Program Kelurahan Harapan (PKH) Dalam Peningkatan Taraf Hidup Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH, di Hotel Golden View, Kamis (27/06/2024). Secara resmi Bimtek Sumber Daya Manusia PKH dibuka Wali Kota Batam, Muhammad Rudi diwakili Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd.

Bimtek diselenggarakan dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi SDM dalam kebijakan PKH dan pendampingan kegiatan PKH terhadap masyarakat penerima bantuan PKH di Kota Batam.

“Atas nama Wali Kota Batam, Haji Muhammad Rudi dan Bunda PKH Kota Batam, mengapresiasi dan berterimakasih kepada Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat yang sudah menaja Bimtek ini. Kepada SDM PKH, terima kasih sudah bersedia mengikuti Bimtek ini,” ucapnya mengawali sambutan.

Ia menyampaikan Bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup, mengurangi penerima manfaat dan menciptakan perubahan perilaku, serta mengurangi kemiskinanan. Karena SDM PKH di Kota Batam beperan mengedukasi penerima manfaat agar dapat meningkatkan taraf dan kualitas hidup keluarga penerima manfaat.

Dijelaskannya Batam dibangun sebagai daerah industri, perdagangan/jasa, alih kapal dan pariwisata. Batam berbeda dengan daerah lain, tidak memiliki hasil bumi sehingga mengandalkan letaknya yang strategis. Pemerintah Kota Batam membangun infrastruktur untuk membuka akses orang ke Batam. Baik investor maupun wisatawan mancanegara dan domestik.

“Investor datang ke Batam, tentu untuk berinvestasi. Dengan begitu tercipta lapangan pekerjaan. Para SDM PKH bisa memberikan penjelasan agar mereka dapat mengambil manfaat dari pembangunan yang dilakukan. Dengan begitu mereka dapat meningkatkan taraf hidupnya. Sesuai visi Kota Batam menjadikan Batam Bandar Madani, Modern dan Sejahtera,” ungkapnya.

BACA JUGA:   Marlin Bagikan 4.100 Paket Sembako Bersubsidi untuk Warga Nongsa

Adapun jumlah SDM PKH se Kota Batam sebanyak 93 orang. Pemerintah Kota Batam menurutnya sudah memberikan insentif kepada SDM PKH tersebut. Pemerintah Kota Batam menurutnya berkomitmen untuk meningkatkan insentif tersebut, sepanjang kemampuan keuangan daerah.

“Insentif ini anggarannya dari PAD Kota Batam yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah. Oleh karena itu mari Kita mengedukasi masyarakat untuk membayar pajak, terutama PBB P2. Karena pembangunan daerah dan insentif anggarannya bersumber dari PAD,” jelasnya.

Adapun penerima KPM PKH se Kota Batam ditahun 2024 berjumlah 23.152. Total nominal bantuan sebesar Rp12.408.256.032,-.(*)

BERITA TERKAIT

BERITA POPULER